hand holding questionmark graphic

 

Memaksimalkan manfaat sertifikasi ISO 9001

Jika sampai saat ini Anda masih memandang sertifikasi ISO 9001:2015 sebagai formalitas, maka Anda perlu menggali lebih jauh agar dapat memaksimalkan potensi penuh dari Sistem Manajemen Mutu (SMM) untuk menjadikan perusahaan Anda lebih baik dan lebih profesional bagi karyawan, pelanggan, pemasok, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Manfaat langsung yang Anda peroleh mungkin sebatas kepercayaan pihak-pihak berkepentingan yang terkait dengan perusahaan Anda. Pelanggan yang menjadi key account biasanya mensyaratkan Anda untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001 agar mereka terjamin akan kualitas produk dan layanan yang Anda berikan. Selain itu, badan pemerintahan, BUMN, atau perusahaan yang lebih besar seringkali mensyaratkan sertifikasi sebelum mereka mempertimbangkan pemenang tender. Bahkan jika sertifikasi bukan persyaratan wajib bagi pelanggan, sertifikasi akan memberi Anda keunggulan dibandingkan pesaing Anda.

Pada dasarnya, implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) membutuhkan dukungan dan kepemimpinan manajemen puncak yang kuat. Hal tersebut merupakan satu faktor utama dan esensial dalam ISO 9001:2015 sebagai versi terbaru dari Sistem Manajemen Mutu (SMM). Manajemen puncak terlebih dulu harus menjamin bahwa Sistem Manajemen Mutu (SMM) menjadi bagian integral dari perusahaan, bukan proyek sampingan untuk mendapatkan sertifikat dan diabaikan ketika prioritas lain hadir. Sistem Manajemen Mutu (SMM) harus didukung oleh setiap tingkatan manajemen, sehingga dapat terus meningkatkan proses dan kualitas, dengan kepuasan pelanggan menjadi fokus utama.

ISO 9001:2015 bertujuan untuk menyediakan sistem manajemen mutu di perusahaan Anda yang akan mendukung pertumbuhan dan peningkatan berkelanjutan seiring perubahan faktor internal dan eksternal. Sistem Manajemen Mutu (SMM) ini akan membantu perusahaan Anda dalam hal:

  • Meningkatkan kemampuan perusahaan Anda dalam memuaskan pelanggan.
  • Mempertahankan relevansi system manajemen mutu perusahaan Anda dengan perubahan elemen lainnya (jika Anda sudah menggunakan ISO 9001 versi sebelumya).
  • Perusahaan Anda mengikuti pembaharuan sistem yang sama dengan semua pengguna lainnya sehingga lebih mudah untuk terintegrasi.
  • Mempertahankan konsistensi sistem manajemen mutu selama periode 10 tahun ke depan.
  • Menggunakan ANNEX SL (high level structure) sehingga akan lebih mudah mengintegrasikan standar lain ke dalam perusahaan Anda.

Jika Anda masih ragu apakah ISO 9001:2015 akan memberikan manfaat bagi perusahaan Anda atau tidak, silakan membicarakannya dengan kami sebagai konsultan ISO 9001 untuk mencari tahu informasi lebih lanjut. Jika Anda sudah memiliki sistem dan proses manajemen yang baik, kami berani menjamin bahwa proses sertifikasi ISO 9001:2015 akan lebih mudah daripada yang pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Abdul Qahar Musachir

Artikel ini telah dibaca sebanyak1635kali!