Sebagai imbas dari diterapkannya ACFTA (China-ASEAN Free Trade Area), Indonesia dibanjiri oleh produk-produk asal negeri ginseng yang dikenal murah dan kualitas yang kurang lebih sama bahkan di atas kualitas produk Indonesia. Kenyataan ini membuat produk dalam negeri keteteran. Pemerintah berupaya keras agar produk-produk Indonesia mampu bersaing dengan produk impor. Salah satu jalan yang ditempuh adalah mewajibkan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk beberapa produk yang beredar di Indonesia. 

Kini, sudah ada ribuan produk yang diwajibkan SNI seperti lampu, helm, ban, dan berbagai produk lainnya. Pengusaha lokal pun berlomba-lomba dalam membuat produk sesuai dengan standar SNI. Sayangnya, perolehan sertifikat SNI tidaklah mudah. Para pengusaha tidak hanya dituntut maembuat produk dengan spesifikasi yang diminta dalam SNI, namun juga menerapkan sistem manajemen operasional yang merujuk pada Sistem Manajemen Mutu bertaraf internasional, ISO 9001:2008.

Sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 merupakan prasyarat bagi perusahaan yang hendak memperoleh sertifikat SNI. Artinya, perusahaan tidak akan lolos sertifikasi SNI walaupun telah memenuhi spesifikasi produk dan standar pengujian SNI sepanjang belum menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di lingkungan perusahaannya. Untungnya, SNI hanya mewajibkan penerapannya, bukan sertifikat ISO 9001:2008.  Artinya, perusahaan hanya perlu menunjukkan bukti penerapannya tanpa diwajibkan melanjutkan proses penerapan hingga sertifikasi dari badan sertifikasi ISO 9001:2008.

Multiple Training & Consulting sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 berkomitmen untuk membantu para pengusaha lokal dalam menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 untuk kepentingan audit sertifikasi SNI. Sebagai bentuk sumbangsih untuk kemajuan produk dalam negeri, Multiple Training & Consulting memberikan biaya konsultasi khusus yang terjangkau bagi seluruh pengusaha lokal yang ingin menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di lingkungan perusahaannya. Hubungi marketing kami untuk harga terbaik!

 

Salam Semangat,

 

Multiple Training & Consulting

marketing@multiple.co.id

 

Artikel ini telah dibaca sebanyak7461kali!