20120714-202652.jpg

Belakangan ini, banyak tender-tender baik yang dilakukan oleh lembaga permerintahan maupun swasta yang tidak lagi memandang status perolehan sertifikat ISO 9001 dari peserta tender sekedar nilai lebih. Kini sertifikat ISO 9001 dijadikan prasyarat bagi perusahaan yang berminat mengikuti tender. Sehingga, tak dapat dipungkiri bahwa sertifikat ISO 9001 dipandang sebagai syarat wajib bagi perusahaan yang ingin meningkatkan pendapatan perusahaan melalui keikutsertaan dalam tender.

Penetapan sertifikat ISO 9001:2008 sebagai prasyarat untuk mengikuti tender bukan tanpa alasan. Sebagaimana diketahui, mekanisme pembelian jasa maupun barang dengan cara tender dilakukan agar memperolah rekanan/supplier/vendor yang terbaik baik dari sisi kualitas, harga, dan kecepatan. Dari sisi penyelenggara tender, penetapan persyaratan ini dapat membuat proses tender lebih efektif, karena hanya perusahaan yang benar-benar berkomitmen dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya yang dapat mengikuti tender. Lagipula secara logika, bila ada dua perusahaan yang menjual produk atau memberikan jasa dengan kualitas yang tidak jauh berbeda, maka tentu sertifikat ISO dapat menjadi pertimbangan final untuk menetapkan vendor mana yang dipilih. Bekerja sama dengan perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu berarti, anda tidak perlu lagi melakukan vendor audit. Itu juga berarti anda telah bekerjasama dengan perusahaan yang tata kelola administrasinya sudah baik sehingga anda dapat lebih mudah dalam menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

Di banyak bidang, sertifikat ISO 9001 memang dijadikan prasyarat untuk mencapai level tertentu. Di dunia pendidikan misalnya, sertifikat ISO 9001 dijadikan semacam kewajiban bagi sekolah yang ingin mengklaim dirinya sebagai sekolah berstandar internasional. Di dunia industri manufaktur, perusahaan yang ingin memperoleh sertifikat SNI untuk produk tertentu, diwajibkan untuk menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 meskipun sertifikatnya tidak dipersyaratkan. Akan tetapi, bagi industri yang telah memperoleh sertifikat ISO 9001 maka proses sertifikasi SNI nya akan lebih mudah.

Banyak lagi contoh yang menunjukkan pentingnya sertifikat ISO 9001:2008 bagi perusahaan mana saja yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih baik lagi. Multiple Training & Consulting sebagai konsultan ISO 9001 yang handal berkomitmen untuk menjadi partner strategis yang akan membantu klien bukan memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 saja, melainkan juga dapat memperoleh manfaat dari penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 untuk perbaikan sistem. Seperti kita ketahui, biaya penerapan ISO 9001:2008 tidaklah murah sehingga amat disayangkan bila penerapan ISO 9001:2008 tidak memberian pengaruh positif sedikitpun terhadap perbaikan sistem.

Artikel ini telah dibaca sebanyak3179kali!