Kejahatan korupsi telah menggerogoti berbagai hak dalam kehidupan dan termasuk kejahatan kemanusiaan. Suap merupakan salah satu jenis korupsi yang banyak dirumuskan dalam UU TPK (Tindak Pidana Korupsi) RI dan menduduki rangking pertama pada urutan penanganan Tindak Pidana Korupsi di KPK. ISO 37001:2016 adalah standar dari SMAP yang menjadi salah satu jawaban untuk mengurangi atau mencegah masalah tersebut.

Apa itu SMAP atau Sistem Manajemen Anti Penyuapan?

SMAP atau Sistem Manajemen Anti Penyuapan merupakan solusi untuk mengurangi atau mencegah adanya penyuapan yang memang sulit dihentikan secara sistematis, terencana dan terstruktur. Hal ini karena tindakan tersebut melibatkan seluruh komponen yang ada dalam suatu organisasi ataupun di luar organisasi dengan pertimbangan mengenai seluruh aspek yang berpengaruh dan juga para pihak yang terhubung.

Kasus penyuapan dapat terjadi karena tiga hal yakni penegakan hukum yang terlalu buruk, sistem yang lemah dan budaya permisif. ISO 37001:2016 adalah standar SMAP yang hadir untuk menangani antara dua penyebab pertama.

Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dapat diartikan sebagai seperangkat elemen yang memiliki interaksi dan hubungan pada organisasi untuk mengendalikan dan mengarahkan organisasi (dengan menyusun, menerapkan dan menetapkan kebijakan, proses dan tujuan) sebagai suatu upaya pencegahan penyuapan.

Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) juga didefinisikan sebagai perangkat standar yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola resiko terjadinya penyuapan yang berpotensi terjadi pada organisasi saat berinteraksi dengan organisasi yang lain.

Adapun ISO 37001:2016 adalah standar persyaratan dan juga pedoman penggunaan yang didesain sebagai salah satu acuan untuk membantu suatu organisasi dalam mengimplementasikan SMAP.

ISO 37001:2016 adalah standar yang menyediakan panduan dan merinci persyaratan untuk menetapkan, memelihara, menerapkan, meninjau serta meningkatkan pengendalian perihal anti penyuapan yang dimiliki oleh organisasi.

ISO 37001:2016 adalah sebuah standar sistem manajemen yang diterbitkan IOS (International Organization for Standardization) tahun 2016 berjudul Anti Bribery Management System – Requirements With Guidance for Use.

Standar ini kemudian diadopsi oleh BSN (Badan Sertifikasi Nasional) menjadi SNI ISO 37001:2016 mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan – Persyaratan dengan Pedoman Penggunaan.

Sesuai dengan namanya, standar ini menetapkan berbagai persyaratan untuk implementasi, pembentukan, pemeliharaan, operasional, dan juga peningkatan berkelanjutan dari SMAP. Sistem ini juga berisi tentang panduan mengenai tindakan serta pendekatan yang bisa diambil oleh organisasi untuk memenuhi persayaratan menurut standar SNI ISO 37001:2016.

Sistem SMAP tersebut bisa berdiri sendiri ataupun bisa diintegrasikan dengan seluruh manajemen yag lain. ISO 37001:2016 adalah standar SMAP yang ditujukan untuk berbagai jenis penyuapan yang terjadi pada organisasi seperti penyuapan oleh personel yang mengatasnamakan organisasi, penyuapan oleh organisasi, penyuapan oleh rekan bisnis, dan penyuapan pada sektor publik, nirlaba atau swasta.

Manfaat Penggunaan SMAP ISO 37001:2016 adalah?

Dengan menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan maka organisasi mendapatkan berbagai manfaat antara lain:

  1. Mendeteksi, mencegah, menangani resiko penyuapan

Dengan menerapkan SMAP maka organisasi dapat meningkatkan peluang untuk mendeteksi adanya resiko penyuapan, menciptakan suatu mekanisme yang efisien dan efektif untuk mencegah terjadinya penyuapan dan meningkatkan pengelolaan resiko yang mungkin terjadi.

  1. Menambah pengakuan internasional

Penerapan SMAP juga memberikan peluang besar untuk mendapatkan atau menambah pengakuan secara internasional karena SMAP adalah standar yang diketahui dan diakui secara luas bahkan diterapkan secara internasional.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Dalam suatu organisasi yang menerapkan SMAP akan menimbulkan rasa percaya diri dari rekan bisnis dalam melakukan kegiatan operasional dengan organisasi lain baik dalam skala nasional maupun internasional.

  1. Mengurangi biaya

Penerapan SMAP mewajibkan organisasi untuk menerapkan adanya pengendalian baik keuangan maupun non keuangan yang bermanfaat untuk menekan biaya yang mungkin terjadi akibat kecurangan, suap, penyelewengan anggaran dan lainnya.

  1. Mencegah adanya benturan kepentingan

Dengan menerapkan SMAP dalam organisasi maka organisasi tersebut harus meningkatkan kepedulian terhadap pegawai maupun rekan bisnis terhadap resiko bahaya suap.

  1. Meningkatkan budaya anti suap

Salah satu keuntungan terbesar dari penerapan SMAP bagi suatu organisasi adalah menciptakan budaya anti suap sehingga dapat tercipta perbaikan secara umum dalam hubungan kepegawaian. Hal tersebut berpengaruh besar untuk meningkatkan kinerja pegawai.

  1. Membantu proses litigasi

Penerapan SMAP dalam hal penyidikan dapat membantu memberikan bukti baik kepada jaksa atau Pengadilan bahwa organisasi sudah mengambil langkah-langkah upaya pencegahan penyuapan.

Prinsip SMAP ISO 37001:2016

  1. Prosedur yang proporsional
  2. Komitmen dari pimpinan
  3. Management resiko
  4. Due diligence (uji kelayakan)
  5. Komunikasi efektif
  6. Monitoring dan evaluasi

Baca Juga 6 Prinsip ISO 37001:2016

Organ SMAP ISO 37001:2016

  1. Governing Body

Memberikan persetujuan mengenai kebijakan anti penyuapan dan menyelenggarakan review meeting mengenai keefektifan penerapan SMAP

  • Top Management

Membuat sasaran anti penyuapan, menyusun kebijakan anti penyuapan, menyelenggarakan manajemen review meeting dengan berkala, dan memastikan keefektifan penerapan SMAP

  • Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (FKAP)

Mensosialisasikan peraturan tentang SMAP, menindaklanjuti pengaduan yang sesuai persayaratan, mengevaluasi dan memonitoring keefektifan penerapan SMAP dan menyelenggarakan review meeting

  • Investigation team

Melaksanakan investigasi mengenai pengaduan yag sesuai persyaratan, menyusun laporan hasil dari investigasi dan menyampaikan rekomendasi

Tahapan Penerapan SMAP ISO 37001:2016

  1. Persiapan

Awarenes terhadap standart dan gap analysis

  • Pengembangan sistem

Pengembangan atas kebijakan, prosedur serta dokumentasi

  • Implementasi

Sosialisai penerapan dan implementasi sistem

  • Review sistem

Audit internaL, review meeting dan persiapan sertifikasi

  • Sertifikasi

Pemilihan lembaga sertifikasi dan pelaksanaan sertifikasi Kesesuaian standar ISO 37001:2016 adalah upaya yang dilakukan untuk mendeteksi, mencegah dan menanggapi penyuapan meskipun tidak menjamin tidak akan terjadi penyuapan. Setidaknya standar ISO 37001:2016 dalam Sistem Manajemen Anti Penyuapan dapat membantu suatu organisasi dalam menerapkan rancangan yang proporsional dan wajar untuk mengurangi resiko tindakan penyuapan.

Terimakasih,

Salam Semangat,
Alief Maulana Ilyas