Terdorong oleh keinginan meningkatkanmanajemen pendidikan menuju sistem yang lebih teratur, terencana, dan terarah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri (SMALBN) Cicendo Bandung bertekad menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 2008 dengan bantuan Konsultan ISO 9001 yang berpengalaman dari Multiple Training & Consulting.

Setelah kurang lebih 4 bulan masa implementasi, SMALBN Cicendo bandung yang menggunakan pendekatan IWA 2:2007 dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 ini, berhasil mendapatkan pengakuan dari Badan Sertifikasi MSA sebagai salah satu sekolah luar biasa yang berhak mendapatkan Sertifikat ISO 9001.

IWA 2:2007 merupakan hasil Workshop Agreement dari  sekumpulan ahli di bidang pendidikan internasional yang berkumpul dan mencoba menafsirkan dokumen standar ISO 9001:2008 sehingga lebih sesuai dengan istilah dan maksud yang digunakan di dunia pendidikan.

Fokus penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dengan pendekatan IWA 2:2007 ada pada bagaimana sekolah mampu merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Terlebih lagi, SMALBN Cicendo merupakan sekolah luar biasa yang peserta didiknya merupakan dari kalangan peserta didik yang berkebutuhan khusus dengan kategori tuna rungu atau tuna wicara.  Oleh karena itu,  perancangan kurikulumnya tentu tidak sama dengan kurikulum sekolah biasa. Penekanan lainnya adalah tentang bagaimana sekolah dapat memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal dengan menyediakan sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang seperti laboratorium, ruang praktek, dan ekstrakurikuler yang mumpuni serta tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya. Selain itu, sekolah juga dituntut untuk dapat menampung aspirasi berupa saran, keluhan, dan kritik yang membangun dari peserta didik beserta orang tua peserta didik. 

Dengan bekal pengalaman menjalankan sekolah luar biasa belasan tahun, ditambah bimbingan luar biasa dari Konsultan ISO, akhirnya SMALBN Cicendo, Bandung, berhasil meraih sertifikat ISO 9001.

Kami mengucapkan selamat kepada SMALBN Cicendo, Bandung, atas keberhasilannya memperoleh Sertifikat ISO. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah SMALBN Cicendo, Bapak Priyono,  Bapak Dian selaku management representative, dan seluruh tenaga pendidik dan tenaga pendukung SMALBN Cicendo atas partisipasi yangg antusias selama menjalani proses konsultasi ISO 9001:2008 dengan Konsultan ISO kami. Sekali lagi, ini merupakan bukti kualitas Konsultan ISO kami.

 

Salam Semangat.

 

Khairul Umam, ST.B.A

IRCA QMS Lead Auditor

Multiple Training & Consulting

www.konsultaniso.web.id

 

 

Artikel ini telah dibaca sebanyak6660kali!