Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 adalah sebuah standar internasional yang mengatur tata cara pengelolaan manajemen sebuah organisasi yang berfokus pada mutu. Standar ISO 9001:2008 berisi beberapa klausul yang memuat berbagai persyaratan yang harus diterapkan di suatu organisai untuk terus menerus meningkatkan mutu. Standar ini banyak diterapkan di berbagai macam perusahaan dari berbagai bidang seperti manufaktur, distributor, pertambangan, retail, jasa, dan sebagainya.
Beberapa tahun belakangan, ISO 9001:2008 bahkan dijadikan sebuah persyaratan wajib untuk pekerjaan atau level tertentu. ISO 9001:2008 sudah menjadi persyaratan wajib bagi perusahaan yang ingin mengekspor barangnya ke luar negeri. Ia juga menjadi penilaian penting saat proses tender terlebih-lebih tender yang dilakukan pemerintahan atau perusahaan internasional. Di dunia pendidikan, ISO 9001:2008 menjadi prasyarat bagi sekolah yang ingin mendapatkan predikat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.
Keberhasilan Standar ISO 9001:2008 dalam memperbaiki kinerja dan performa sistem di banyak organisasi dan didukung oleh klausul-klausul (persyaratan) yang bersifat global dan dapat diterapkan diberbagai jenis organisasi, mendorong organisasi sosial bahkan sekelas Rukun Warga (RW) dan Pengurus Masjid ikut-ikutan mengimplimentasikan ISO 9001:2008 di lingkungan organisasinya dan berhasil mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008. Ya, berhasil! Peristiwa yang cukup unik ini terjadi di RW dan Pengurus Masjid di Jakarta lebih tepatnya RW 12 Kelurahan Pegangsaan Dua , Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Pengurus Masjid Al Ikhlas, Jatipadang, Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Koq bisa?
Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa standar ISO 9001:2008 adalah sebuah standar yang memuat sederet peraturan yang njelimet dan super sulit yang hanya bisa diterapkan di perusahaan-perusahaan besar. Namun, pada kenyataannya, persyaratan standar ISO 9001:2008 bersifat sangat fleksibel menyesuaikan ruang lingkup dan bidang pekerjaan dari sebuah organisasi. Ketika ada sekelompok orang yang mengerjakan suatu pekerjaan tertentu baik berupa perdagangan,  usaha, maupun pelayanan maka mereka dapat menerapkan standar ISO 9001:2008.  Keberhasilan RW dan Masjid yang ada diJakarta ini menjadi bukti keberterimaan standar ISO 9001:2008 di berbagai jenis organisasi.
 Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di RW dan Masjid ini tentunya dapat meningkatkan mutu pelayanannya. Pembagian dan penetapan tugas dan tanggung jawab pengurus RW dan Masjid semakin jelas, pekerjaan akan semakin mudah dan rapih karena adanya standar operasi prosedur dan instruksi kerja, pelaporan semakin rapih berkat adanya form-form resmi yang ditetapkan, pelanggan (masyarakat dan jamaah) pun lebih terlayani dengan baik berkat adanya standar pelayanan yang telah ditetapkan dengan baik dan transparan.
Bila RW dan Masjid saja mau menerapkan standar ISO 9001:2008 untuk meningkatkan mutu pelayanannya, bagaimana dengan perusahaan anda? Jangan sungkan untuk menghubungi kami sebagai penyedia jasa konsultan ISO 9001:2008 yang mudah, murah, cepat, dan professional.
Sumber berita:
Salam Semangat,
Konsultan ISO

Artikel ini telah dibaca sebanyak8663kali!