Konsultan ISO
No Result
View All Result
Jasa optimasi page speed baju murah Daftar reseller
  • Home
  • Jasa Konsultan ISO
  • Download ISO
  • Permintaan Proposal
  • About Us
    • Company Profile
    • Biaya Konsultan ISO
    • Our Customers
    • Hubungi Kami
  • Cek Sertifikat
Konsultan ISO
  • Home
  • Jasa Konsultan ISO
  • Download ISO
  • Permintaan Proposal
  • About Us
    • Company Profile
    • Biaya Konsultan ISO
    • Our Customers
    • Hubungi Kami
  • Cek Sertifikat
No Result
View All Result
Jasa optimasi page speed baju murah Daftar reseller
Konsultan ISO
  • Konsultan ISO
  • Proposal
  • About Us
Home ISO 9001:2008

Tindakan Perbaikan dan Tindakan Pencegahan dalam ISO 9001

Konsultan ISO by Konsultan ISO
Reading Time: 3 mins read
0
Prosedur Tindakan Perbaikan dan Pencegahan

Tindakan perbaikan dan tindakan pencegahan adalah dua unsur penting yang dilakukan untuk menjamin sistem manajemen mutu bebas dari potensi yang merugikan perusahaan dengan cara mengidentifikasi masalah, menganalisis akar masalah, mencari bentuk perbaikan dan pencegahannya, dan melaporkannya kepada pihak manajemen. Tindakan perbaikan dan pencegahan sebenarnya adalah dua hal yang saling berkaitan dan mirip. Hanya saja, tindakan perbaikan cenderung pada  penyelesaian masalah ketika masalah terjadi sedangkan tindakan pencegahan adalah proses evaluasi proaktif untuk mencegah potensi masalah menjadi masalah di kemudian hari.  Berikut definisi lebih lengkap dari tindakan perbaikan dan pencegahan menurut ISO 9000:2005, sebuah standar yang berisi definisi dari kata atau istilah yang digunakan dalam Standar ISO 9001.

3.6.4 Tindakan pencegahan

Tindakan untuk menghilangkan penyebab ketidaksesuaian yang potensial atau situasi potensial lain yang tidak dikehendaki

CATATAN 1 Mungkin terdapat lebih dari satu penyebab potensial ketidaksesuaian.

CATATAN 2 Tindakan pencegahan dilakukan untuk mencegah terjadinya ketidaksesuaian sedangkan tindakan korektif (3.6.5) dilakukan untuk mencegah terulangnya ketidaksesuaian.

 

3.6.5 Tindakan perbaikan

Tindakan unutuk menghilangkan penyebab ketidaksesuaian  yang ditemukan atau situasi yang tidak dikehendaki.

CATATAN 1 Mungkin terdapat lebih dari satu penyebab ketidaksesuaian.

CATATAN 2 Tindakan korektif dilakukan untuk mencegah terulangnya ketidaksesuaian sedangkan tindakan pencegahan (3.6.4) mencegah terjadinya ketidaksesuaian.

CATATAN 3 Terdapat perbedaan antara koreksi  dan tindakan korektif.

 

Prosedur Tindakan Perbaikan dan Tindakan Pencegahan

Tindakan perbaikan dan pencegahan merupakan dua prosedur dari enam prosedur wajib yang harus didokumentasikan dalam ISO 9001. Ini penting dilakukan untuk memastikan semua masalah terdeteksi dan tercatat sehingga mudah untuk melakukan tindakan perbaikan dan pencegahan. Dalam membuat prosedur tindakan perbaikan, setidaknya harus memuat poin-poin berikut:

  1. Mereview dan mendokumentasikan masalah
  2. Melakukan Perbaikan produk sementara, spt : menghapus produk cacat dan mengkarantina area yang ditunjuk untuk investigasi
  3. Menyelidiki penyebab terjadi masalah, bagaimana itu bisa terjadi, mengapa bisa terjadi, apakah bisa terjadi lagi?
  4. Mengusulkan solusi yang tepat yang akan mencegah masalah terjadi lagi. Hal ini sering berarti perubahan pada proses.
  5. Anda perlu melaporkan tindakan apa yang benar-benar diambil
  6. Setelah beberapa waktu berjalan, Anda perlu untuk menilai apakah tindakan yang diambil berhasil dalam mencegah masalah yang sama dan mendokumentasikan bukti untuk mendukung keputusan Anda.
  7. Setelah anda yakin masalah tidak akan berulang lagi anda bisa menutup kasus ini

Adapun untuk prosedur tindakan pencegahan, setidaknya harus memuat poin-poin berikut:

  1. Bagaimana anda mengidentifikasi masalah
  2. Dimana dan bagaiamana membuat catatannya
  3. Bagaimana cara investigasi kasus dan dilakukan siapa?
  4. Memutuskan tindakan apa yang diambil
  5. Bagaimana merekam tindakan yang diambil
  6. Menilai solusi efektif dan mendokumentasikan semua tindakan preventif
  7. Kapan dan siapa yang bisa menutup masalah

 

Tips Melakukan Tindakan Perbaikan dan Pencegahan dalam Perusahaan Anda 

Menetapkan tindakan perbaikan dan pencegahan atas suatu masalah bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kejelian dan pemahaman yang utuh atas semua proses yang berjalan. Ini hanya bisa dilakukan apabila Anda telah memahami klausul ISO 9001 dan juga prosedur yang ditetapkan perusahaan Anda. Anda tidak mungkin menyatakan suatu kondisi sebagai masalah atau potensi masalah tanpa memahami klausul ISO 9001 dan juga prosedur yang telah ditetapkan. Untuk mempermudah anda dalam melakukan tindakan perbaikan dan tindakan pencegahan, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda jadikan acuan.  Anda bisa menemukan cara tindakan perbaikan melalui :

  1. Melakukan inspeksi tempat kerja
  2. pengujian, memeriksa, dan pemantauan pabrik dan peralatan
  3. konsultasi dengan staf
  4. Feedback pelanggan
  5. Audit
  6. laporan bahaya
  7. pengecekan dengan produk cacat
  8. menyelidiki keluhan
  9. meninjau kegagalan sistem
  10. meninjau persyaratan dan  peraturan perundang-undangan

Adapun untuk tindakan pencegahan, anda bisa mengidentifikasi peluang perbaikan melalui beberapa cara berikut:

  1. Melalui proses tinjauan manajemen
  2. Memonitor proses/performance
  3. Menganalisa data garansi dan feedback pelanggan
  4. Menganalisis proses
  5. Mencari akar masalah untuk tindakan perbaikan
  6. Penilaian resiko
  7. Saran karyawan untuk perbaikan
  8. Jadwal produksi
  9. Pemantauan aturan perundang-undangan dan aturan
  10. Review marketplace
  11. Mengikuti perkembangan teknologi
  12. Temuan Audit mutu internal atau eksternal
  13. Pengamatan karyawan

Demikianlah artikel ringkas tentang tindakan perbaikan dan pencegahan. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan anda panduan untuk mengevaluasi sistem secara keseluruhan demi mencapai tujuan utama penerapan ISO 9001; perbaikan berkesinambungan (continual improvement).

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab Management Representative

 

Salam Semangat!

 

Khairul Umam,ST, BA  &  Zulherbi,S.TP

Konsultan ISO

(021) 2638 2005

081314667860

www.multiple.co.id

 

Bagikan ke Whatsapp
Tags: 6 Prosedur WajibDokumen ISO 9001Sistem Manajemen Mutu
ShareTweetPin
Konsultan ISO

Konsultan ISO

ArtikelTerkait

Kalibrasi Alat Ukur dalam ISO 9001:2008
ISO 9001:2008

Kalibrasi Alat Ukur dalam ISO 9001:2008

Data Statistik Penerapan ISO 9001 Tahun 2011
ISO 9001:2008

Data Statistik Penerapan ISO 9001 Tahun 2011

NCP
ISO 9001:2008

Pengendalian Produk Tidak Sesuai (Non-Conforming Product)

Penerapan ISO 9001:2008 di Perusahaan Konstruksi
ISO 9001:2008

Penerapan ISO 9001:2008 di Perusahaan Konstruksi

Sertifikat ISO 9001 Sebagai Persyaratan Tender
ISO 9001:2008

Sertifikat ISO 9001 Sebagai Persyaratan Tender

ISO 9001:2008

Daftar Dokumen Wajib Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

Next Post
Kalibrasi Alat Ukur dalam ISO 9001:2008

Kalibrasi Alat Ukur dalam ISO 9001:2008

Selamat untuk PT. John Cakra Konstruksi Atar Perolehan Sertifikat ISO 9001 & OHSAS 18001 dari Bureau Veritas

Selamat untuk PT. John Cakra Konstruksi Atar Perolehan Sertifikat ISO 9001 & OHSAS 18001 dari Bureau Veritas

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • Seleksi dan Evaluasi Penyedia Eksternal dalam ISO 9001:2015
  • Dampak Penerapan PPN 12% Bagi Perekonomian
  • Safety Talk’s : Penanganan Tumpahan B3
  • Pro Kontra terhadap Manfaat ISO 9001
  • Kumpulan Materi Safety Talk
  • ISO 9001:2015 dan Manajemen Risiko
  • Training Awareness ISO 27001:2022
  • Uji Kelayakan ISO 37001:2016
  • 4 Kompetensi Dasar Auditor Internal
  • Panduan Memilih Konsultan ISO
  • About Us
  • Download ISO
  • Home
  • Jasa Konsultan ISO
  • Permintaan Proposal
Call us: +62 81 6888 476
No Result
View All Result
Jasa optimasi page speed baju murah Daftar reseller
  • Konsultan ISO
  • Proposal
  • About Us
    • Company Profile
    • Biaya Konsultan ISO
    • Our Customers

© 2024 Konsultan ISO | Training ISO 9001 | Pelatihan ISO 9001 by KonsultanISO.web.id.

Need help? Let's chat with us!

Bila ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami

Admin

Admin

Online

Konsultan ISO

Khairul Umam

Online

Konsultan ISO

Alief Maulana

Online

Admin

Hai, ada yang bisa dibantu ? 00.00

Khairul Umam

Semangat pagi, ada yang dapat dibantu ? 00.00

Alief Maulana

Ada yang dapat dibantu? 00.00
Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?